Pada Zaman
sekarang kebutuhan manusia akan semakin meningkat, seiring dengan
kemajuan jaman , nah secara otomatis semua manusia ingin segala hal yang
di lakukan bisa lebih mudah , simple dan efisien. Sama halnya dengan
teknologi , dengan memenuhi kebutuhan manusia . maka di kembangkan
teknologi yang sedemikian rupa.untuk
masa depan yang lebih mengedepankan segala hal yang mudah dan simple.
Seiring perkembangan zaman orang-orang mulai membuat berbagai macam
komputer,laptop/notebook, dan handhone dengan teknologi canggih yang
berisi berbagai aplikasi menarik didalamnya.
-
Tampilan Holografis
![1](https://softskillgunadarmayudadriantama.files.wordpress.com/2017/10/1.png?w=604)
Holographic
yang merupakan kepanjangan dari Hologram Graphic / Grafis Hologram
(mungkin). Fungsi dari teknologi ini bisa dibilang sangat banyak sekali.
Seperti yang telah kita saksikan di film-film dengan teknologi masa
depan, Holographic bisa diterapkan pada pengoperasian komputer, dan yang
lebih menarik lagi kita dapat langsung berinteraksi dalam sebuah game
yang gemari.
-
VR ( Virtual Reality )
![2](https://softskillgunadarmayudadriantama.files.wordpress.com/2017/10/2.jpg?w=604)
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment),
suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu
lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya
terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada
sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi
beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan,
seperti suara melalui speaker atau headphone.
-
Gelang Cicret
![3](https://softskillgunadarmayudadriantama.files.wordpress.com/2017/10/3.jpg?w=604)
Cicret
Bracelet adalah gelang pintar yang punya proyektor kecil (pico
projector) dan 8 buah sensor (proximity sensor) yang bisa menampilkan
apa yang ada di ponsel ke permukaan pergelangan tangan dan sekaligus
mengontrolnya layaknya sebuah tablet.
-
Mobil Terbang
![4](https://softskillgunadarmayudadriantama.files.wordpress.com/2017/10/4.jpg?w=604)
Setelah
teknologi mobil tanpa supir, kini hadir lagi mobil terbang. Siapa pula
yang tidak menginginkan mobil terbang. Ketika di darat kita sudah kesal
dengan yang namanya macet, kita tinggal mengubah mode dari darat menjadi
terbang. Dan dalam sekejap, kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu
menghadapi macet.
Sebuah
teknologi canggih mobil terbang ini dibuat oleh orang yang juga
merancang mobil BMW, Volkswagen, dan Audi yaitu Stefan Klein. Dengan
desain warna biru-putih, mobil terbang ini memiliki panjang 6 meter.
Jika membicarakan tentang konsumsi energi tentunya mobil ini memerlukan
energi lebih untuk bisa jalan dan juga terbang. Tapi jika kita bisa
menghindar macet, sungguh sangat menghemat waktu
-
Teknologi Layar Dari Kaca Mobil
![5](https://softskillgunadarmayudadriantama.files.wordpress.com/2017/10/5.png?w=604)
Tidak akan
mendistraksi, teknologi ini berguna untuk menunjukkan jalan. Bayangkan
ketika kamu memiliki mobil dan bingung arah mana harus ditempuh
berikutnya, layar kaca akan menunjukkan arah secara langsung. Layar akan
memberitahu kita mana lokasi yang macet atau ke mana harus membelok.
Trend Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Masa Depan
- Ekonomi API (Application Programming Interface)
API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah,
fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat
membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API
memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk
berinteraksi dengan sistem operasi.
Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per
detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan
menggunakan Application Programming Interface (API). Dalam API itu
terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang
digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan
mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan
API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem
operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama
dengan nama di API.
API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program
aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program
pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau
komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi
panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang
diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API
mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari
program itu.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan. Didalam Ekonomi API kita juga mengenal System Call Interface.
API sendiri memungkinkan pelaku bisnis untuk memberikan layanan mereka
di mana saja, terutama dalam layanan jual-beli online, dimana pelaku
bisnis bisa menempatkan antarmuka untuk interaksi bisnis di berbagai
situs web (bahkan situs web pihak ketiga sekalipun) secara fleksibel.
Sehingga ini menciptakan fleksibilitas yang sangat tinggi, dan konsumen
dapat berinteraksi dengan pelaku bisnis tanpa terbatasi oleh waktu
maupun ruang dan tempat. Di samping itu, penggunaan API juga
menguntungkan pemilik dari situs web pihak ketiga yang bekerjasama
dengan pelaku bisnis yang menyediakan API tersebut, karena jumlah
pengunjung situs web tersebut semakin bertambah, dan situs web pihak
ketiga tersebut menjadi terkenal karena kerjasamanya dengan pelaku
bisnis yang memiliki nama di sektor bisnis online. Tentunya ini
merupakan salah satu wujud dari simbiosis mutualisme dalam dunia SI dan
TI.
- Pemasaran Dimensi
Pemasaran berbasis dimensional (dimensional marketing) merupakan
pembaruan dari konsep pemasaran yang diperbarui untuk era digital, namun
pada dasarnya pemasaran dimensi dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen
di tengah semakin derasnya arus informasi pada era digital. Ada 4 buah
dimensi yang didefinisikan dalam teknik pemasaran ini, yaitu :
- Keterlibatan konsumen
- Konektivitas
- Informasi
- Teknologi generasi lanjut
Pemasaran melalui dimensi pertama (yaitu keterlibatan konsumen)
dilakukan oleh pelaku bisnis dengan cara memberikan sebuah pengalaman
yang bersifat pribadi, kontekstual dan real-time kepada konsumen. Ini
adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjaring konsumen di era
digital, karena di masa depan semua interaksi bisnis didasarkan pada
pengalaman dari konsumen dalam berbagai interaksi bisnis yang mereka
lakukan dengan para pelaku bisnis yang mereka hadapi.
Sedangkan dimensi kedua (konektivitas) berbasis pada prinsip untuk
menciptakan sebuah hubungan erat antara pelaku bisnis dan konsumen yang
berbasis pemahaman terhadap keinginan konsumen. Pentingnya konektivitas
dalam pemasaran berbasis dimensional disebabkan oleh fakta bahwa semakin
banyak saluran yang dipergunakan oleh pelaku bisnis dalam usaha untuk
memasarkan produknya, maka konsumen dapat dilayani kapan saja dan dimana
saja, sehingga ini berakibat pada kepedulian konsumen terhadap produk
(bahkan merek) yang ditawarkan oleh pelaku bisnis, yang kemudian juga
berakibat pada semakin besarnya pangsa pasar dari bisnis tersebut (dan
bahkan sukses merebut konsumen dari pesaing).
Untuk dimensi ketiga (informasi), ini juga merupakan hal penting karena
pelaku bisnis dapat melaksanakan peningkatan kualitas produk yang mereka
tawarkan melalui berbagai informasi yang didapatkan dari analisa
terhadap keinginan pasar secara real-time dan akurat. Hal ini
dikarenakan pemasaran yang dikendalikan berdasarkan informasi sangat
efektif dari segi biaya dan lebih cepat ketimbang metode konvensional.
Selain itu, pemasaran berbasis informasi juga sangat membantu para
pelaku bisnis untuk mencari pasar yang menjadi sasaran utama mereka,
sehingga intelejensi dari sistem pemasarannya akan semakin meninggi dari
waktu ke waktu.
Dan dimensi keempat (teknologi generasi lanjut) berkisar di area dari
teknologi yang dipergunakan untuk pemasaran itu sendiri. Dengan semakin
berlipatnya jumlah saluran dan titik temu untuk interaksi antara pelaku
bisnis dan konsumen, maka dibutuhkan teknologi yang dapat mempersatukan
aspek tradisional, aspek digital, konsumen dan sistem bisnis secara
selaras dan dinamis. Ini tentunya akan berefek pada konsistensi
pengalaman yang dimiliki oleh konsumen dalam melakukan interaksi dengan
pelaku bisnis.
SUMBER :
- iInformanTech. ” Teknologi Holographic “.” http://www.iinforman.tech/2016/10/teknologi-holographic-ironman-kini-telah-berhasil-diciptakan.html ” ( diakses tanggal 3 oktober 2017 )
- baguspermady.” Virtual Reality “.” https://baguspermady.wordpress.com/2013/06/28/virtual-reality/ ” ( diakses tanggal 3 oktober 2017 )
- apakabardunia.” Gelang Cicret “.” http://www.apakabardunia.com/2014/12/cicret-bracelet-gelang-pintar-yang.html ” ( diakses tanggal 3 oktober 2017 )
- liputan6.” Mobil Terbang “.” http://www.liputan6.com/tag/mobil-terbang ” ( diakses tanggal 3 oktober 2017 )
- idntime. ” Teknologi Layar Dari Kaca Mobil “. “https://automotive.idntimes.com/car/erwanto/hal-yang-akan-kamu-dapat-dalam-kendaraanmu-2020-nanti/full “( diakses tanggal 3 oktober 2017 )
- https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pemrograman_aplikasi
- https://syarifsegaf.blogspot.co.id/2016/12/trend-sistem-informasi-dan-teknologi.html
- https://softskillgunadarmayudadriantama.wordpress.com/2017/10/03/trend-sistem-teknologi-informasi-masa-depan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar